SIM : Change_Management

Silahkan dibaca :

https://sites.google.com/site/simmagister/home/change_management

Apa urgensi Visi & Misi terhadap pengembangan IT institudi/organisasi/perusahaan ?

Silahkan ditanggapi !

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

23 Balasan ke SIM : Change_Management

  1. Nur Mirwan berkata:

    Pengembangan teknologi informasi di setiap institusi/organisasi/perusahaan harus diselaraskan dengan visi dan misi institusi/organisasi/perusahaan tersebut dari tahap perencanaan pengembangannya sampai dengan output yang dihasilkan. Hal ini bertujuan agar output yang dihasilkan tersebut dapat mendukung dan mewujudkan sasaran dan tujuan dari institusi/organisasi/perusahaan. Seperti diinstansi pemerintah yang diharapkan dapat melaksanakan good governance, pengembangan teknologi informasi dapat mengurangi permasalahan birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, komunikasi dengan instansi lain atau publik terkait dengan data, pelaporan, monitoring dapat dilakukan dengan cepat, serta dapat menciptakan transparansi dalam proses pengambilan keputusan.

    Di institusi kami (Directorate General of Taxes) yang mempunyai visi : Menjadi institusi pemerintah yang menyelenggarakan sistem administrasi perpajakan modern yang efektif, efisien, dan dipercaya masyarakat dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi, dan misi : Menghimpun penerimaan pajak negara berdasarkan Undang-undang Perpajakan yang mampu mewujudkan kemandirian pembiayaan APBN melalui sistem administrasi perpajakan yang efektif dan efisien. Pengembangan teknologi informasi termasuk dalam Program Reformasi Perpajakan Jilid II (2009-2013) yang salah satunya adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sistem ini merupakan penyempurnaan sistem administrasi perpajakan berbasis teknologi terkini (SIDJP) berupa e-filing (pengiriman SPT secara online melalui internet), e-SPT (penyerahan SPT dalam media digital), e-payment (fasilitas pembayaran online), dan e-registration (pendaftaran NPWP secara online melalui internet).

    Selaras dengan visi dan misi di atas dikembangkan PINTAR (Project for Indonesian Tax Administrastion Reform) merupakan penyempurnaan sistem administrasi perpajakan untuk mendukung reformasi administrasi yang mengadopsi best practice sistem administrasi perpajakan di dunia baik dalam aspek pelayanan maupun pengawasan kepatuhan.

  2. ali sobri berkata:

    nama ALI SOBRI Nim MM11341102…urgensi visi misi terhadap pengembangan institusi di instansi BapermasKB yaitu selaras dengan visi BKKBN Pusat Penduduk Tumbuh Seimbang 2015. tentu dalam mencapai visi perlu misi yng dikuti seperangkat sistem IT yang memadai salahsatunya melalui informasi pelaporan komputasi (sarana komputer mengirim melalui internet sistem gateway). lebih memudahkan pelaksana program di lapangan , misalnya gerakan serentak pelayanan IUD di setiap puskesmas dan poliklinik se-jawa tengah besok tanggal 28 September 2011 dan di laporkan hasilnya saat itu juga melalui sarana gateway/ via sms. hal ini jelas pengembangan sistem IT yang memadai akan mempercepat pencapaian visi dan misi suatu institusi.

  3. Eko liestiyani berkata:

    Visi dan misi sangat penting dlm perkbangan IT. suatu organisasi sudah menentukan visi dan misi tentu akan berusaha untuk bisa mewujudkan visi dan misi tersebut dan itu dapat terwujud jika didukung IT yg memadai selain sarpras lain. Misal seperti kantor kami dgn visi terdepan dalam pelayanan perizinan bagaimana bs terwjd jika ngetiknya msh pakai mesin ketik manual? Tp krn kami sudah pakai IT maka visi pun bisa kami capai

    Eko Liestyani MM11341104

  4. Suharno berkata:

    25 SEPTEMBER 2011
    ASS.WR.WB

    untuk menghadapi persaingan, perusahaan memerlukan perubahan visi dan misinya, Perubahan visi dan misi perusahaan harus disosialisasikan secara luas di Perusahaan. Training menjadi refleksi dari visi dan misi perusahaan. perusahaan mengharapkan output yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan adanya training internal perusahaan memahami bahwa perjuangan perusahaan lebih berkembang menuju visi dan misi masih panjang. Jadi banyak hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan supaya perusahaan unggul dalam memenangkan persaingan, Maka melalui training semua dapat berbuat baik semaksial mungkin demi kemajuan persahaan.
    WASS.WR.WB

  5. muhamadun berkata:

    * Urgensi visi & missi apabila dikaitkan dengan perkembangan IT ini adalah sebagai pendukung visi dan missi tersebut, sehingga tujuan yang diterapkan instansi/perusahaan dapat tercapai. seperti halnya di kantor saya yang mempunyai tujuan :
    1. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan peran lembaga dalam berpartisipsi melakukan pemberdayaan kemasyarakatan; 2. Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas serta Efisiensi dan Efektifitas Pengelolaan Keuangan; 3. Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Pelayanan Yang Berkesinambungan; dan 4. Meningkatkan Profesionalitas dan Produktifitas Pegawai.
    * Sehingga IT ini sangat cocok untuk diterapkan di instansi kami dalam membantu tercapainya tujuan yang dicanangkan.

  6. muhamadun berkata:

    muhamadun :
    * Urgensi visi & missi apabila dikaitkan dengan perkembangan IT ini adalah sebagai pendukung visi dan missi tersebut, sehingga tujuan yang diterapkan instansi/perusahaan dapat tercapai. seperti halnya di kantor saya yang mempunyai tujuan :
    1. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan peran lembaga dalam berpartisipsi melakukan pemberdayaan kemasyarakatan; 2. Meningkatkan Transparansi dan Akuntabilitas serta Efisiensi dan Efektifitas Pengelolaan Keuangan; 3. Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran dan Pelayanan Yang Berkesinambungan; dan 4. Meningkatkan Profesionalitas dan Produktifitas Pegawai.
    * Sehingga IT ini sangat cocok untuk diterapkan di instansi kami dalam membantu tercapainya tujuan yang dicanangkan. Dengan IT semua kegiatan yang ada dapat dikerjakan dengan cepat, tepat dan akurat serta efektif dan efisiensi waktu.

  7. Adang Danu AW berkata:

    visi dan misi merupakan patokan atau landasan dasar dalam sebuah perusaan. Jadi peran visi dan misi sangatlah penting untuk membentuk atau menghasilkan yang ingin dicapai. Dalam tempat saya bekerja visi serta misi sudah menjadi dasar, jadi sekarang kita berusaha membenahi SDM yang merupakan ujung tombak dalam perusahaan kami. Andaikata visi serta misi telah tertanam diharapkan ke depannya perusahaan dapat lebih maju dan berkembang.

  8. hari sucipto berkata:

    Visi adalah gambaran kondisi umum yang ingin diraih, sdgkan Misi adalah rumusan tentang upaya-upaya yg digunakan utk mencapai visi. Dalam pengembangan IT di sebuah organisasi Visi dan Misi menjadi sangat penting keberadaannya. Karena pada prinsipnya Visi Misi memberikan semacam koridor yang harus dilalui dalam pengembangan IT. Dengan demikian pengembangan IT dalam organisasi akan efektif dan efisien. Visi dan Misi akan memberikan rambu2 tentang sistem, teknologi tertentu apa yang akan dipakai, pengembangan IT benar2 diselaraskan dengan MIsi sehingga dapat memudahkan realisasi dari misi misi.
    Dengan demikian sebuah organisasi akan terhindar dari pemborosan, karena perusahan hanya akan mengembangkan ITnya dengan memilih sistem yang benar benar sesuai Visi dan Misi.

  9. SUYADI berkata:

    Keberhasilan Organisasi sangat di tentukan Oleh Visi dan Misi . Adapun Visi adalah gambaran gagasa kedepan yang lebih baik , kondisi umum yang ingin diraih, sdgkan Misi atau rumusan tentang upaya-upaya yg digunakan utk mencapai visi. Dalam pengembangan IT di sebuah organisasi yang sudah rencanajkan untk dijadikan Visi dan Misi , sebagai tolak ukur , sebagai system , dan tidak kalah penting keberadaanya secara nyata. Karena pada prinsipnya Visi Misi memberikan semacam koridor secara terbuka yang harus dilalui dalam pengembangan IT. Walaupun demikian demikian pengembangan IT dalam organisasi akan lebih efektif dan efisien. Visi dan Misi akan memberikan rambu2 dalam pelaksanaanya tentang sistem,atau operithing prosedur teknologi tertentu apa yang akan dipakai, pengembangan IT benar2 diselaraskan dengan MIsi sehingga dapat membuat untuk memudahkan realisasi dari misi misi.itu sendiri, secara tidak langsung ada keterbatasan-keterbatasan tersendiri dalam melaksanakan proses dalam systemnya
    Dengan demikian sebuah organisasi akan terhindar dari pelaksanaan system yang bisa menimbulkan pemborosan, karena perusahan hanya akan mengembangkan ITnya dengan memilih sistem yang benar benar sesuai Visi dan Misi

  10. Sri Sulistyowati berkata:

    Visi merupakan kondisi ideal yg ingin dan harus dicapai, sedangkan Misi adalah upaya yg mendasari dan menjiwai setiap gerak dlm mewujudkan visi.Jadi apa yg di sampaikan teman2 diatas adalah benar. Dengan adanya pengembangan IT di suatu instansi haruslah mempercepat, mempermudah suatu pekerjaan sehingga visi dan misi cepat tercapai. Intinya dengan adanya pengembangan IT haruslah semua pekerjaan juga tujuannya ke depan menjadi lebih baik dari pada sekarang, sehingga lebih cepat, tepat dan akurat serta unggul dalam pelayanan kepada masyarakat.

    Sri Sulistyowati
    MM 11341117

  11. Ahlam Kamal berkata:

    Penggunaan/Pengembangan IT dalam Visi Misi suatu Organisasi/ Perusahaan sangatlah dibutuhkan jika Organisasi/ Perusahaan itu menginginkan kedepannya maju/ berkembang. Akan menjadi lebih baik/ berkembang Organisasi/ Perusahaan jika dalam melayani masyarakat tidak bertele-tele dan terpercaya tersistematis akan lebih cepat mencapai atau mewujudkan tercapainya Visi Misinya.

    Ahlam Kamal
    MM 11341101

  12. wiranto berkata:

    assalamu’alaikum wr. wb

    Selamat pagi semuanya……
    Visi dan misi merupakan rambu-rambu pencapaian tujuan/targen organisasi. Pengembangan IT dibutuhkan dalam organisasi sebagai alat bantu untuk pencapaianny. Sehingga apabila IT itu dikembankan sesuai kebutuhan pencapaian itu, maka akan sangat efektif dikembangkan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr, wv.

  13. Nursalim, NIM.11341113 berkata:

    Bismillah…
    Adanya visi dan misi merupakan syarat wajib bagi sebuah perusahan atau organisasi. Setiap perusahaan memiliki visi dan misi yang berbeda, semua tergantung tujuan yang akan dicapai oleh masing – masing perusahaan. Biasanya visi dan misi dibuat saat perusahaan sedang akan dibangun, karena visi dan misi perusahaan menjadi landasan dasar bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu tak perlu ditanyakan lagi, bahwa peranan visi dan misi perusahaan sangatlah penting. Urgensi Visi & Misi terhadap pengembangan IT institusi/organisasi/perusahaan adalah mendorong tercapainya suatu tujuan sehingga dalam menggapai tujuan dan cita-cita bisa dengan mudah dicapai. IT digunakan sebagai alat bantu untuk mencapai suatu tujuan akan sangat mudah, efektif dan akurat.
    Alhamdulillah…..

  14. SUYADI berkata:

    Assalamualaikum Pak Sumirin
    Visi adalah suatu idealisme kedepan yang ingin bahkan harus dicapai oleh suatu lembaga,sedangkan misi yaitu upaya atau langkah apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut.Dengan Tren IT sangatlah pas sekali untuk pengenalan suatu lembaga ke masyarakat luas,dengan demikian masyarakat akan cepat bisa mengetahui apa yang ingin ingin dicapai atau diwujudkan oleh lembaga tsb.Masyarakat akan menaruh kepercayaan terhadap lembaga tsb. dg melihat visi lembaga. Wassalam wr.wb.
    SITI ASIYAH
    MM.11341115

  15. SITIasiyah berkata:

    Assalamualaikum
    maaf pak Mirin salah masuk e.mail.yang benar tadi tanggapan saya bukan pak Yadi,trimakasih. Wassalam .wr.wb

  16. Heru_Dwi_M berkata:

    herudwimahendrawan.blogspot.com

  17. tyas berkata:

    Visi misi sangat berkaitan dengan perkembangan IT, seperti tempat saya bekerja di RSU,visi kami adalah menjadi RS kebanggaan masyarakat sedangkan misi kami adalah memberikan pelayanan yang memuaskan. Saat ini memang IT yang dikembangkan belum memakai fiber optik untuk menghubungkan antara komputer2 yang ada di masing-masing bagian masih menggunakan kabel. tapi setidaknya pelayanan untuk masyarakat sudah lebih baik, contohnya keluarga pasien sudah bisa mengettahui dengan cepat dana yang harus dibayar di kasir dengan cepat, pasien untuk mengetahui riwayat penyakit, obat dan diagnosa cukup dengan mengetikkan nama dan no. rekam medisnya. seandainya dengan manual pasti akan lebih lama sehingga pelanggan/pasien akan berkurang. Perkembangan IT sangat berpengaruh terhadap visi dan misi suatu instansi atau perusahaan. ini email saya yang baru alamtyas@ymail.com

  18. siti khotimah berkata:

    setuju apa yang disampaikan pak Muhammadun dan Pak Nursalim…karena saat ini mana ada instansi/perusahaan yang punya visi dan misi …tanpa IT ?,
    mulai hal kecil maupun hal besar, mulai dari mengetik surat maupun menentukan rencana strategi puluhan tahun kedepan. IT suatu yang harus ada dalam mewujudkan Visi Misi.
    Demikian pendapat saya, menambah apa yang tlah disampaikan kedua teman tersebut diatas karena kami satu instansi hanya beda tugas & bagian .

  19. mujihastuti berkata:

    Visi adalah gambaran kondisi umum yang ingin diraih, sdgkan Misi adalah rumusan tentang upaya-upaya yg digunakan utk mencapai visi. Dalam pengembangan IT di sebuah organisasi Visi dan Misi menjadi sangat penting keberadaannya..untuk bapermas dan KB demak visinya adalah penduduk tumbuh seimbang . sedangkan untuk mencapai visi itu dirumuskan misi nya Semua ikut KB dengan demikian dengan adanya IT MEMUDAHKAN suatu institusi mencapai visi dan misi itu. bagaimana mungkin visi dan misi tercapai kalau tidak ada IT.padahal dari hal kecil untuk ketik surat pelayanan KB sampai pada perencanaan alat kontrasepsi 10 tahun kedepan memerlukan yang namanya IT. jadi kita tidak bisa lepas dengan makanan IT.
    MUJIHASTUTI NIM MM 11341111

  20. sulistiyono berkata:

    Visi terhadap urgensi organisasi adalah menjadi ikon / identitas khusus dimana Instansi tersebut melaksanakan apa yang menjadi dambaan / tujuan dari pembentukan organisasi yang profesional . Sebagai contoh di instansi kami Direktorat Jenderal Pajak Visinya adalah : Menjadi Institusi pemerintah yang menyelenggarakan system administrasi perpajakan modern yang efektif, efisien dan dipercaya masyarakat dengan integritas dan profesionalisme yang tinggi.
    Sedangkan Misi terhadap pengembangan IT adalah lebih mengedepankan tujuan utama dari teknologi itu sendiri, sebagai contoh Misi Direktorat Jenderal Pajak adalah Menghimpun penerimaan pajak negara berdasarkan Undang – undang perpajakan yang mampu mewujudkan kemandirian pembiayaan anggaran pendapatan dan belanja negara melalui sistem administrasi perpajakan yang efektif dan efisien.
    Dengan Visi dan Misi yang sudah dicapai diharapkan 10 s/d 20 tahun kedepan Indonesia sudah sejajar dengan negara – negara di dunia yang maju seperti Amerika,

  21. Perkembangan peradaban manusia diiringi dengan perkembangan cara penyampaian informasi (yang selanjutnya dikenal dengan istilah Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET. Informasi yang disampaikan pun berkembang.
    Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu bidang industri yang berkembang dengan begitu pesatnya pada tahun-tahun terakhir ini, dan akan terus berlangsung untuk tahun-tahun mendatang.

    Perkembangan industri dalam bidang TI ini membutuhkan suatu formalisasi yang lebih baik dan tepat mengenai pekerjaan, profesi berkaitan dengan keahlian di bidang TI. Perkembangan bidang Telematika dan Teknologi Informasi yang sangat pesat perlu diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia yang handal, untuk mengantisipasi persaingan global yang sudah semakin dekat.

    Salah satu ciri khusus dari bidang ilmu Teknologi Informasi adalah fokus perhatian bidang ilmu tersebut yang lebih bersifat aplikatif. Bidang ilmu teknologi informasi lebih mengarah pada pengelolaan data dan informasi dalam sebuah enterprise (perusahaan atau organisasi kerja lainnya), dengan pemanfaatan teknologi komputer dan komunikasi data serta lebih menekankan pada teknik pemanfaatan perangkat-perangkat yang ada untuk meningkatkan produktifitas kerja. Dalam perkembangannya sejalan dengan paradigma ekonomi baru, maka teknologi informasi menjadi senjata yang handal dalam meningkatkan komunikasi dan interaksi enterprise dengan stake holdernya.

    Revolusi Informasi yang merupakan gabungan antara ilmu pengetahuan dan teknologi telah merubah sumber kekayaan tidak lagi berupa materi seperti pada revolusi industri tetapi berupa informasi dan pengetahuan yang diterapkan pada pekerjaan untuk menciptakan suatu nilai. Barangsiapa yang menguasai informasi maka ia akan menguasai dunia, sehingga mengingat semakin pentingnya informasi dan situasi suatu daerah, maka hadirlah agadide website ini menjadi jembatan informasi dari daerah sampai ke seluruh pelosok dunia.

  22. cendrawasih berkata:

    saya mencoba membuat resume tentang topik ini di blog..maturnuwun

  23. Ping balik: Forum diskusi SIM 2012 « https://sumirin.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s